adidas nmd r1 tonal pack restock europe adidas nmd r1 tonal pack restock europe adidas nmd r1 primeknit japan boost s81849 adidas nmd grey camo adidas nmd r1 glitch camo core black now available adidas nmd xr1 og adidas nmd xr1 og black red blue preview on foot adidas nmd xr1 og release date adidas nmd xr1 og release date adidas nmd xr1 black red adidas nmd xr1 europe release adidas nmd xr1 bred black red adidas nmd r1 tonal pack returning retailers later month adidas nmd r1 primeknit french beige restocking friday adidas nmd r1 primeknit french beige restock adidas nmd r1 primeknit french beige restocking friday adidas nmd r1 primeknit french beige adidas nmd r1 primeknit shock pink bb2363 adidas nmd r1 primeknit shock pink release date adidas wmns nmd r1 shock pink

Khutbah Ied Shaum Ramadhan 1434H (bag. 2)

Shaum Ramadhan Membangun Insan dan Masyarakat Beradab

Oleh DR. Ir. H. D. Sodik Mudjahid, M.Sc.
Ketua Yayasan Darul Hikam Bandung
Sekjen Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jawa Barat

Khutbah Idul Fitri 1434 H
di halaman Masjid At Taqwa KPAD Gegerkalong Bandung

 

ALLAAHU AKBAR WALILLAAHIL HAMDU

Hadirin rahimakumullah,

Dapat dibayangkan, betapa hancurnya suatu masyarakat, bila setiap manusia anggota masyarakat, mendasari semua keputusan dan tindakannya, hanya atas dasar pertimbangan nafsu semata.

Dapat dibayangkan, betapa hancurnya suatu masyarakat, jika semua individu bekerja seenaknya, tanpa mau tahu batas halal dan haram.

Dapat dibayangkan, betapa hancurnya suatu masyarakat, bila semua individu bekerja seenak perut sendiri, demi kepuasan dirinya sendiri, tanpa mempertimbangkan kepentingan orang lain.

Jika ini terjadi, maka masyarakat yang akan terbentuk, adalah masyarakat hewaniyah, bukan masyarakat beradab, karena semua anggota masyarakat, bertindak atas dasar nafsu dan syahwat, bukan atas pertimbangan agama dan akal sehat.
Orang yang bekerja hanya atas dasar dorongan nafsu dan syahwat, hidupnya akan panas, stress, resah, iri, hasad, gelisah bahkan frustrasi. Jika semua anggota masyarakat berperilaku seperti ini, maka masyarakat yang terbentuk adalah masyarakat stress dan frustrasi yang jauh dari ketenteraman, keamanan dan kebahagiaan.

Sebaliknya, bayangkanlah, masyarakat yang lain. Suatu masyarakat yang terdiri dari individu-individu yang berakal sehat, yang dalam segala pengambilan keputusan dan tindakannya, berlandaskan kepada pertimbangan akal yang sehat dan agama.
Kehidupan masyarakat tersebut akan dinamis, akan tetapi rukun dan tenang. Semua orang berfikir dan bertindak dengan jernih. Semua orang berfikir dan bertindak dengan bijak. Semua orang berfikir dan bertindak, atas dasar akal sehat serta norma dan etika. Semua orang berfikir dan bertindak untuk kepentingan dan kemaslahatan umum.

Inilah masyarakat beradab, inilah masyarakat dewasa. Inilah masyarakat taqwa, Inilah masyarakat shaleh. Inilah masyarakat sukses dan bahagia.

Untuk itulah ibadah shaum ditujukan dan diarahkan. Untuk tujuan inilah ibadah shaum diwajibkan dan dilatihkan setiap tahun. Untuk membangun individu dan masyarakat taqwa. Individu dan masyarakat dewasa. Individu dan masyarakat shaleh. Individu dan masyarakat yang bertindak bukan atas nafsu dan syahwat semata, akan tetapi atas pertimbangan akal sehat dan agama.

Masyarakat yang dinamis tapi tetap harmonis. Masyarakat yang maju dan berkembang, tapi penuh rasa sayang dan suasana tenang. Masyarakat yang terus membangun, tapi dalam suasana rukun. Bahu membahu dalam kebajikan, bukan saling jegal sambil berbuat kemaksiatan.Tolong menolong dalam kebajikan dan ketaqwaan, bukan sikut menyikut, bahkan dalam permusuhan dan kemungkaran.

Inilah masyarakat yang dijanjikan Allah, ”WALAU ANNA AHLUL QUROO AAMANU WAT TAQAU LAFATAHNAA ALAIHIM BAROKAATUN MINAS SAMAAI WAL ARDHI.” “Jika penduduk suatu negeri beriman dan bertaqwa, maka akan kami bukakan diatas mereka, pintu-pintu barokah dari langit.”

Hadirin rahimakumullah,

Rasulullah SAW bersabda : ”Ada 5 pilar masyarakat, yang jika pilar-pilar tersebut berada dalam posisi taqwa, maka masyarakat itu akan bahagia dan pintu-pintu barakah dari langit akan dibuka. Lima pilar itu adalah ilmu dan istiqamahnya para ulama, adilnya para pemimpin penguasa, jujurnya para pengusaha, disiplinnya para pekerja, serta sabarnya rakyat dan masyarakat”

Pilar masyarakat taqwa pertama, ilmu dan istqamahnya para ulama tidak akan terwujud, jika para ulama, sudah terseret oleh kehidupan yang dikendalikan oleh syahwat dan hawa hafsu. Ulama yang seharusnya sebagai benteng terakhir kebenaran, malah terperosok kedalam kemunkaran. Ulama yang seharusnya menjadi teladan dan panutan kebajikan, malah bergeser hanya menjadi sekedar tontonan, untuk hiburan dan popularitas, bahkan tidak jarang untuk penumpukan harta kekayaan. Semua itu terjadi, karena godaan syahwat dan hawa hafsu, yang tidak dikendalikan oleh akal dan agama.

Pilar masyarakat taqwa kedua, yaitu adilnya pemimpin dan pengusa tidak akan terwujud, jika para penguasa, dalam keputusan, kebijakan dan tindakannya hanya didasarkan atas syahwat dan nafsu semata. Ia hanya akan memperkaya kelompoknya sendiri. Ia hanya akan memberi fasilitas untuk partainya sendri. Keadilan dan kemakmuran bangsa tidak terwujud, karena semua kebijakan dan tindakannya hanya diberikan untuk kelompok dan keluarganya sendiri. Semua itu terjadi, karena kehidupan pemimpin dan pengusa, sudah dikuasai hawa nafsu, bukan oleh akal sehat dan tuntunan agama.

Pilar masyarakat taqwa ketiga, berupa jujurnya para pengusaha, juga tidak akan terwujud, jika kehidupan para pengusaha hanya dikendalikan oleh syahwat dan nafsu semata. Dalam menjalankan usahanya, dia sudah tidak lagi menggunakan etika dan akal sehat. Dalam berusaha tidak lagi memepertimbagkan halal dan haram. Dalam mencari keuntungan, sudah tidak lagi berjiwa jujur dan ksatria, dan hanya mementingkan keuntungan dan laba. Semua itu bisa terjadi, jika kehidupan penguasa, hanya atas dasar nafsu dan syahwat semata, bukan atas dasar akal sehat dan tuntunan agama.

Pilar masyarakat taqwa keempat, disiplinnnya para pekerja dan birokarat, juga tidak akan terwujud, jika jiwa mereka dikuasai oleh syahwat dan hawa nafsu semata. Yang ada dalam fikirannya adalah, bagaimana mencuri waktu dan kesempatan untuk kepentingan pribadi. Yang ada dalam fikirannya adalah, bagaimana mendapatkan penghasilan tambahan, dari tugasnya melayani publik. Yang ada dalam fikirannnya adalah, mensulitkan urusan rakyat, agar kemudian membuka ruang untuk suap dan kolusi. Yang jadi fikirannnya adalah mendapat layanan publik, bukan sebaliknya melakukan pelayanan publik. Semua itu terjadi, karena jiwanya dikuasai syahwat dan hawa nafsu semata,bukan bimbingan akal sehat dan tuntunan agama.

Pilar masyarakat taqwa kelima, sabarnya masyarakat dan rakyat juga tidak akan terwujud, jika jiwa rakyat dikuasai oleh syahwat dan nafsu semata. Rakyat menjadi sangat sensitif, banyak menuntut, banyak protes dan demo, merasa paling benar, merasa paling berhak, menjadi tirani rakyat, tanpa merasa punya kewajiban sebagai sisi lain dari sebuah hak.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah situasi yang akan terjadi terhadap pilar-pilar masyarakat jika hanya dilandasi nafsu dan syahwat, tanpa bimbingan akal sehat dan tuntunan agama. Semua pilar akan keropos dan hancur dan tidak berfungsi, yang berarti masyarakat secara keseluruhan akan hancur yang artinya menjauhkan dari terbukanya pintu-pintu barokah dari langit dan bumi seperti yang dijanjikan Allah yang tidak pernah ingkar janji.

Dalam konteks inilah, sekali lagi kita harus bersyukur, bahwa Allah SWT telah mendisain program diklat tahunan Ramadlan, yang intinya adalah diklat pengendalian diri, agar seluruh lapisan masyarakat, terutama pilar-pilar masyarakat taqwa, berada dalam kondisi yang benar yakni dalam bimbingan akal sehat dan agama, bukan atas dasar nafsu syahwat semata.

ALLAHU AKBAR WA LILLAHIL HAMDU

Shaum Ramadlan dirancang untuk membangun taqwa. Inti ketaqwaan dan keshalehan adalah kemampuan mengendalikan diri dari nafsu yang merejalela tanpa kendali.

Manusia dan masyarakat taqwa adalah MANUSIA dan masyarakat BERADAB, yaitu manusia dan masyarakat yang dalam melakukan segala keputusan dan tindakannya, tidak atas dasar nafsu dan syahwat semata, akan tetapi atas pertimbangan akal sehat dan tuntunan agama.

Shaum ramadlan yang telah kita lakukan, akan menjadi kemubaziran dan kesia-siaan, jika tidak menghasilkan manusia beradab, yakni manusia yang dalam tindakan dan keputusannnya, tidak hanya atas dasar nafsu dan syahwat, melainkan atas dasar akal sehat dan tuntunan agama.

Dengan selesainya Shaum Ramadlan, maka jika kita seorang ulama, maka marilah menjadi ulama yag beradab, yakni ulama yang istiqamah dan mampu memberikan teladan bagi ummat.

Dengan telah selesainya Shaum Ramadlan, bila kita menjadi pemimpin dan penguasa, maka marilah kita menjadi pemimpin dan penguasa yang beradab, yakni pemimpin yang adil dalam memperlakukan semua kelompok dan golongan masyarakat.
Setelah Shaum Ramadlan, maka jika kita menjadi pengusaha, marilah menjadi pengusaha yang beradab, yakni pengusaha yang jujur, yang memegang prinsip halal dan haram dalam mencari keuntungan.

Setelah Shaum Ramadlan, jika kita menjadi pekerja atau birokrasi, marilah kita menjadi pekerja atau birokrasi yang beradab, yakni pekerja yang disiplin, patuh hukum serta memberikan pelayanan kepada rakyat, bukan sebaliknya minta dilayani oleh rakyat.

Setelah Shaum Ramadlan, jika kita menjadi rakyat, marilah menjadi rakyat yang beradab, yakni rakyat yang tabah dan sabar, bukan rakyat yang pemarah dan berangasan dalam menilai setiap keadaan.

Setelah Shaum Ramadlan, marilah kita menjadi masyarakat yang lebih taqwa, yakni masyarakat beradab, masyarakat yang cerdas, masyarakat yang bijak, masyarakat yang jujur, masyarakat saling memberi, masyarakat yang saling menghargai, masyarakat yang saling peduli dan saling memperhatikan, masyarakat sabar, tangguh, produktif dan bukan masyarakat yang konsumtif.

Hadirin rahimakumullah,

Jamaah Idul Fitri yang berbahagia,

Di hari yang suci ini, dalam kondisi jiwa yang suci ini marilah kita akhiri sidang ini dengan memanjatkan do’a ke hadirat Allah SWT.

Ya Allah, berilah kami kekuatan dan kemampuan, untuk mensyukuri nikmat yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan kepada kedua orangtua kami. Berilah kami petunjuk dan kekuatan, agar dengan nikmat tersebut, kami dapat melaksanakan amal shaleh yang Engkau ridhai,

Ya Allah Yang Maha Kuasa dan Perkasa,

Bantulah kami ya Allah, agar kami dapat memelihara iman dan taqwa kami, agar kami dapat selalu memelihara diri kami, dari segala amal dan perbuatan yang tidak engkau ridhai.

Ya Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang,

Bantulah kami, agar kami senantiasa mampu mengendalikan nafsu yang ada dalam jiwa kami menjadi nafsu yang muthmainnah. Agar kami dapat hidup lebih beradab dan mulia, sehingga kami dapat hidup dengan tenang, tentram dan bahagia.

Ya Allah berilah petunjuk dan kekuatan kepada pilar-pilar masyarakat dan bangsa indonesia, agar setelah menjalani Shaum Ramadlan ini, mereka lebih istiqomah di jalanmu, lebih adil dan bijak dalam bertindak, lebih amanah dalam mengemban tugas, lebih disiplin dan sabar menghadapi segala macam tantangan bagsa ini.

Ya Allah, jadikanlah istri dan anak keturunan kami orang-orang yang shaleh, jaga dan lindungi mereka ya Allah dari segala kejahatan dan kemaksiatan yang melingkarinya, agar mereka tetap menjadi sahabat kami, menjadi andalan kami, bukan sebaliknya menjadi lawan dan musuh yang akan menyusahkan kami,

Ya Allah, ampunilah dosa kami dan dosa ibu bapak kami, sayangilah ibu dan bapak kami, seperti mereka menyayangi kami saat kami masih kecil,

Untuk orang tua yang masih ada di dunia, berilah kemuliaan dan kebahagiaan diujung hayatnya, untuk orang tua yang sudah tiada, berilah mereka nikmat kubur.

Wassalaamu ‘alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

khutbah bag. 1

 

About the Author

Comments are closed.

adidas eqt support adv primeknit zebra release date adidas eqt support adv primeknit zebra new images adidas eqt support adv primeknit zebra release date adidas eqt support adv primeknit zebra adidas eqt support adv zebra coming soon adidas eqt support adv primeknit zebra ba7496 adidas eqt support adv core black adidas eqt support adv grey core black adidas eqt support adv core blackturbo red dropped today adidas eqt support adv core black adidas eqt support adv camo pack adidas eqt support adv camo pack adidas eqt support adv camo pack adidas eqt support adv green camo adidas eqt support adv camo pack first look adidas eqt support adv shadow available now adidas eqt support adv shadow adidas eqt support adv shadow adidas eqt support adv shadow adidas eqt support adv primeknit black white